Sabtu, 23 Februari 2013

Manajemen Guru Sekolah Dasar


A. Manajemen Guru Sekolah Dasar
            Yaitu suatu proses perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sekolah dasar melalui rangkaian kegiatan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang diinginkan dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

B. Administrasi Guru Sekolah Dasar
a.      Administrasi Pembelajaran
1.      Kurikulum
yaitu seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dan dengan kekhasan, kondisi dan potensi derah, satuan pendidikan dan peserta didik. Kurikulum ini disusun oleh : Satuan pendidik atau guru.
  • Tujuan Kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :
a.    Belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
b.    Belajar untuk memahami dan menghayati
c.    Belajar untuk mampumelaksanakan dan berbut secara efektif
d.    Belajar dan berguna untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain
e.    Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
  • Kelompok Mata Pelajaran, Peraturan Pemerintah Nomor 19 th 2005 tentng Sandar Nsional Pendidikan pasal 6 ayat ( 1 ), bahwa kurikulum pendidikan terdiri atas : Krlompok mata pelajaran Agama dan akhlak mulia, Kewarganegaraan dan kepribadian, Ilmu pengetahuan dan teknologi, Estetika, Jasmani, olahraga dan kesehatan.
  • Prinsip Pengembangan kurikulum, kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah, berpedoman pada standar kompetensi lulusan dan standar isi yang di buat oleh BSNP. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip berikut :

a)    Berpusat pada potensi, perkembangan kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Yaitu agar peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME.
b)   Beragam dan terpadu
Yaitu dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik.
c)    Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan
seni.
Yaitu bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dapat berkembang secara dinamis.
d)   Relevan dengan kebutuhan hidup
e)    Menyeluruh dan berkesinambungan
Yaitu mencakup keseluruhan dimensi kompetensi
f)     Belajar sepanjang hayat
Diarahkan pada pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik.
g)   Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah
Dengan memperhatikan ini, agar dapat membangun berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2.     Silabus
Yaitu rencana pembelajaran pada suatu atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator, penilaian, alokasi waktu, sumber bahan atau alat ajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dasar ke dalam materi pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indicator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
·      Tujuan Silabus di kembangkan yaitu untuk membantu para guru dan tenaga kependidikan dalam menjabarkan Kompetensi Dasar menjadi Perancangan Belajar.
·      Penyusunan silabus
Perencanaan, Pelaksanaan ( penyusunan ), Perbaikan, Pemantapan


3.  RPP
Yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Proses pembelajaran meliputi Silabus dan Rencana Pelaksnaan pembelajaran yang memuat sekurang – kurangnnyatujuan pembelajaran, materi ajar,metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar

4.    Buku Penilaian
Yaitu seperangkat rencana dan pengaturan prinsip, sasaran dan pelaksanaan penilaian berkelanjutan yang lebih akurat dan konsisten, sebagai akuntabilitas public atau tanggung gugat melalui identifikasi kompetensi atau hasil belajar yang telah di capai serta sebagai peta kemajuan belajar siswa dan pelaporan. Misalnya: Pengumpulan kerja terbaik siswa ( portofolio ), hasil keerja ( Produk ), Penugasan ( Proyek ), kinerja ( performen ) dan tes tertulis ( paper and pencils ).
Tujuannya yaitu agar guru dapat menilai kompetensi dan hasil belajar siswa berdasarkan level pencapaian prestasi siswa

5.  Daftar Nilai
Yaitu berupa Seperangkat buku penilaian untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar dari tugas – tugas siswa.

6.  Analisis Hasil Belajar
Yaitu untuk mengetahui setiap tingkat hasil dari pencapaian prestasi siswa untuk setiap aspek rumpun pelajaran. Hasil belajar ini mencerminkan keluasan dan kedalaman serta kerumitan kompetensi yang dirumuskan dalam pengetahuan, perilaku, keterampilan, sikap dan nilaiyang dapat di ukur dengan menggunakan berbagai teknik penilaian.

7.  Perbaikan dan Pengayaan
Yaitu guru perlu memberikan perlakuan khusus bagi siswa yang mendapat kesulitan belajar dengan melalui kegiatan remedial sedangkan siswa yang cemerlang di beri kesempatan untuk tetap mempertahankan kecepatan belajarnya yang di atas rata – rata melalui kegiatan pengayaan.


8.    Bimbingan dan Konseling Pendidikan
Yaitu untuk memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa yang menyangkut tentang pribadi, soial, belajar dan lainnya.

9.  Kalender Pendidikan
Yaitu pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun. Kalender Pendidikan untuk setiap tahun pelajaran memuat hari efektif belajar selama 200 – 240 hari, yang telah dilakukan dengan mempertimbangkan hari libur nasional dan hari keagamaan sesuai dengan peraturan perundang – undangan.

10.   Program Exkul atau Pengembangan Diri
Kegiatan ekstrakulikuler adalah kegiatan yang di selenggarakan untuk memenuhi tuntutan penugasan bahan kajian dan pelajaran dengan alokasi waktu yang di atur tersendiri berdasarkan kebutuhan.
     
11. Bank Soal
Kumpulan soal-soal atau presdiksi ulangan yang telah tersusun. Tujuannya untuk mempermudah dan memantapkan murid didik dalam menghadapi ulangan.

12. Buku Prestasi Siswa
Kumpulan atau bias diebut juga dengan data indeks baik yang berupa catatan ataupun diagram yang berisikan perkembangan murid didik dari semester awal pem,belajaran sampai akhir semester pembelajaran.

13. Daftar Buku Pegangan
Buku yang harus dimiliki oleh murid didik  itu sendiri sebagai bahan pembelajaran agar murid didik itu tidak hanya berfokus dari bahan yang disampaikan oleh gurunya saja. Contohnya buku paket, LKS.

14. Pemetaan Pembelajaran Tematik
Proses pembelajaran yang dapat meliputi lebih dari satu pembelajaran dalam satu bahasan pembelajaran.


15. Jadwal Pelajaran
Suatu susunan yang dirancang atau dibuat guna untuk mempermudah atau mengetahui pelajaran apa hari ini dan hari berikutnya.

16. Program Evaluasi
Suatu cara yang dibuat guna membantu memperbaiki atau pengecekan ulang suatu pekerjaan untuk hasil yang lebih optimal.

17. Program Tahunan
Panduan pelaksanaan pembelajaran yang dibuat untuk satu tahun yang bertujuan untuk mengetahui batasan materi yang akan diajarkan ke anak.

18. Program Semester
Panduan pelaksanaan pembelajaran yang dibuat untuk satu semester yang bertujuan untuk mengetahui batasan materi yang akan diajarkan ke anak.

19. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan. KKM pada akhir jenjang satuan pendidikan untuk kelompok pelajaran selain ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan nilai batas ambang kompetensi.


b. Administrasi Kelas
1.    Daftar Kelas / Absen
Buku yang mencatat kehadiran siswa serta mencatat semua data
Siswa.

2.    Papan Absen Harian
Papan untuk mencatat dan mengetahui siswa yang hadir pada hari itu.

3.    Grafik Absen
                 Grafik untuk mengetahui dan mengukur kehadiran siswa.
4.    Buku Mutasi
Catatan yang mencatat data siswa yang ada di dalam kelas, yang masuk maupun keluar.

5.    Buku Keuangan
Buku yang mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan di dalam kelas. Mislnya : beasiswa untuk anak perkelas.

6.    Buku Tamu
                 Buku catatan bukti kehadiran tamu.

7.    Inpentaris Kelas
Buku yang mencatat semua barang keperluan kelas atau barang yang masuk ke kelas. Misalnya : Administrasi kelas, buku pegangan guru, meja dan kursi, dan lain-lain.

8.    Buku Notulen Rapat
                 Buku yang mencatat semua yang telah dibahas dalam rapat.

9.    Buku Catatan Prestasi
Buku yang mencatat prestasi siswa dalam kelas dan dalam pembelajaran.

10.  Buku Kegiatan Gugus
Buku yang mencatat jenis-jenis kegiatan yang dilaksanakan di gugus.

11.  Buku Supervisi
Buku catatan kepala sekolah maupun pengawas dalam pelaksanaan supervisi kelas.

12.  Agenda Kelas
            Buku yang mencatat materi pelajaran yang akan atau dilaksanakan pada hari itu.

13.  Buku Analisis
                 Buku catatan untuk mengetahui prestasi yang dicapai siswa.

14.  Buku Remidial
Daftar anak yang mempunyai nilai kurang dari standar yang telah ditentukan.


15.  Buku Perbaikan dan Pengayaan
                 Catatan tentang siswa dalam perbaikan pembelajaran.

16.  Buku Ulangan Keliling
                 Buku yang mencatat hasil ulangan secara bergiliran atau berkeliling.

17.  Daftar Nilai
Buku yang mencatat hasil nilai sehari-hari, tugas dan ulangan umum akhirnya diproses untuk mendapatkan nilai akhir yang dimasukan kedalam rapor.

18.  Buku Kenaikan Kelas
Catatan data siswa yang naik maupun yang tidak, yang ditulis oleh guru setiap akhir tahun.

            
ini hanya sebuah contoh, selebihnya anda kembangkan lagi biar lebih terperinci.. semoga manfaat..   wassslam


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar