A. Manajemen Guru Sekolah Dasar
Yaitu
suatu proses perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sekolah dasar
melalui rangkaian kegiatan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang diinginkan
dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
B. Administrasi Guru Sekolah Dasar
a. Administrasi
Pembelajaran
1. Kurikulum
yaitu seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang
digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan
nasional serta kesesuaian dan dengan kekhasan, kondisi dan potensi derah,
satuan pendidikan dan peserta didik. Kurikulum ini disusun oleh : Satuan
pendidik atau guru.
- Tujuan
Kurikulum
disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :
a.
Belajar
untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
b.
Belajar
untuk memahami dan menghayati
c.
Belajar
untuk mampumelaksanakan dan berbut secara efektif
d.
Belajar
dan berguna untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain
e.
Belajar
untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif,
kreatif, efektif dan menyenangkan.
- Kelompok
Mata Pelajaran,
Peraturan Pemerintah Nomor 19 th 2005 tentng Sandar Nsional Pendidikan
pasal 6 ayat ( 1 ), bahwa kurikulum pendidikan terdiri atas : Krlompok
mata pelajaran Agama dan akhlak mulia, Kewarganegaraan dan kepribadian,
Ilmu pengetahuan dan teknologi, Estetika, Jasmani, olahraga dan kesehatan.
- Prinsip
Pengembangan kurikulum, kurikulum
tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah
dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah, berpedoman pada standar
kompetensi lulusan dan standar isi yang di buat oleh BSNP. Kurikulum
dikembangkan berdasarkan prinsip berikut :
a) Berpusat
pada potensi, perkembangan kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya.
Yaitu agar peserta didik
memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia
yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME.
b) Beragam
dan terpadu
Yaitu dengan memperhatikan
keragaman karakteristik peserta didik.
c) Tanggap
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan
seni.
Yaitu bahwa ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni dapat berkembang secara dinamis.
d) Relevan
dengan kebutuhan hidup
e) Menyeluruh
dan berkesinambungan
Yaitu mencakup keseluruhan
dimensi kompetensi
f) Belajar
sepanjang hayat
Diarahkan pada
pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik.
g) Seimbang
antara kepentingan nasional dan daerah
Dengan memperhatikan ini,
agar dapat membangun berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Silabus
Yaitu
rencana pembelajaran pada suatu atau kelompok mata pelajaran atau tema
tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator, penilaian, alokasi waktu, sumber
bahan atau alat ajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dasar
ke dalam materi pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indicator
pencapaian kompetensi untuk penilaian.
·
Tujuan Silabus di kembangkan yaitu untuk membantu
para guru dan tenaga kependidikan dalam menjabarkan Kompetensi Dasar menjadi
Perancangan Belajar.
·
Penyusunan silabus
Perencanaan,
Pelaksanaan ( penyusunan ), Perbaikan, Pemantapan
3. RPP
Yaitu
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Proses pembelajaran meliputi Silabus
dan Rencana Pelaksnaan pembelajaran yang memuat sekurang – kurangnnyatujuan
pembelajaran, materi ajar,metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian
hasil belajar
4. Buku
Penilaian
Yaitu
seperangkat rencana dan pengaturan prinsip, sasaran dan pelaksanaan
penilaian berkelanjutan yang lebih akurat dan konsisten, sebagai akuntabilitas
public atau tanggung gugat melalui identifikasi kompetensi atau hasil belajar
yang telah di capai serta sebagai peta kemajuan belajar siswa dan pelaporan.
Misalnya: Pengumpulan kerja terbaik siswa ( portofolio ), hasil keerja ( Produk
), Penugasan ( Proyek ), kinerja ( performen ) dan tes tertulis ( paper and
pencils ).
Tujuannya
yaitu agar guru dapat menilai kompetensi dan hasil belajar siswa berdasarkan
level pencapaian prestasi siswa
5. Daftar
Nilai
Yaitu
berupa Seperangkat buku penilaian untuk mengetahui kemajuan dan hasil
belajar dari tugas – tugas siswa.
6. Analisis
Hasil Belajar
Yaitu untuk mengetahui setiap tingkat hasil dari pencapaian
prestasi siswa untuk setiap aspek rumpun pelajaran. Hasil belajar ini
mencerminkan keluasan dan kedalaman serta kerumitan kompetensi yang dirumuskan
dalam pengetahuan, perilaku, keterampilan, sikap dan nilaiyang dapat di ukur
dengan menggunakan berbagai teknik penilaian.
7. Perbaikan
dan Pengayaan
Yaitu guru perlu memberikan perlakuan khusus bagi
siswa yang mendapat kesulitan belajar dengan melalui kegiatan remedial
sedangkan siswa yang cemerlang di beri kesempatan untuk tetap mempertahankan
kecepatan belajarnya yang di atas rata – rata melalui kegiatan pengayaan.
8. Bimbingan
dan Konseling Pendidikan
Yaitu
untuk memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa yang menyangkut tentang
pribadi, soial, belajar dan lainnya.
9. Kalender
Pendidikan
Yaitu pengaturan waktu untuk
kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun. Kalender Pendidikan
untuk setiap tahun pelajaran memuat hari efektif belajar selama 200 – 240 hari,
yang telah dilakukan dengan mempertimbangkan hari libur nasional dan hari
keagamaan sesuai dengan peraturan perundang – undangan.
10. Program
Exkul atau Pengembangan Diri
Kegiatan ekstrakulikuler adalah kegiatan
yang di selenggarakan untuk memenuhi tuntutan penugasan bahan kajian dan
pelajaran dengan alokasi waktu yang di atur tersendiri berdasarkan kebutuhan.
11.
Bank Soal
Kumpulan
soal-soal atau presdiksi ulangan yang telah tersusun. Tujuannya untuk
mempermudah dan memantapkan murid didik dalam menghadapi ulangan.
12.
Buku Prestasi Siswa
Kumpulan
atau bias diebut juga dengan data indeks baik yang berupa catatan ataupun
diagram yang berisikan perkembangan murid didik dari semester awal
pem,belajaran sampai akhir semester pembelajaran.
13.
Daftar Buku Pegangan
Buku
yang harus dimiliki oleh murid didik itu
sendiri sebagai bahan pembelajaran agar murid didik itu tidak hanya berfokus
dari bahan yang disampaikan oleh gurunya saja. Contohnya buku paket, LKS.
14.
Pemetaan Pembelajaran Tematik
Proses
pembelajaran yang dapat meliputi lebih dari satu pembelajaran dalam satu
bahasan pembelajaran.
15.
Jadwal Pelajaran
Suatu
susunan yang dirancang atau dibuat guna untuk mempermudah atau mengetahui
pelajaran apa hari ini dan hari berikutnya.
16.
Program Evaluasi
Suatu
cara yang dibuat guna membantu memperbaiki atau pengecekan ulang suatu
pekerjaan untuk hasil yang lebih optimal.
17. Program Tahunan
Panduan
pelaksanaan pembelajaran yang dibuat untuk satu tahun yang bertujuan untuk
mengetahui batasan materi yang akan diajarkan ke anak.
18. Program Semester
Panduan
pelaksanaan pembelajaran yang dibuat untuk satu semester yang bertujuan untuk
mengetahui batasan materi yang akan diajarkan ke anak.
19.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Kriteria Ketuntasan Minimal yang
ditentukan oleh satuan pendidikan. KKM pada akhir jenjang satuan pendidikan
untuk kelompok pelajaran selain ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan nilai
batas ambang kompetensi.
b.
Administrasi Kelas
1. Daftar
Kelas / Absen
Buku
yang mencatat kehadiran siswa serta mencatat semua data
Siswa.
2. Papan
Absen Harian
Papan
untuk mencatat dan mengetahui siswa yang hadir pada hari itu.
3. Grafik
Absen
Grafik untuk mengetahui dan
mengukur kehadiran siswa.
4. Buku
Mutasi
Catatan
yang mencatat data siswa yang ada di dalam kelas, yang masuk maupun keluar.
5. Buku
Keuangan
Buku
yang mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan di dalam kelas. Mislnya :
beasiswa untuk anak perkelas.
6. Buku
Tamu
Buku catatan bukti kehadiran
tamu.
7. Inpentaris
Kelas
Buku
yang mencatat semua barang keperluan kelas atau barang yang masuk ke kelas.
Misalnya : Administrasi kelas, buku pegangan guru, meja dan kursi, dan
lain-lain.
8. Buku
Notulen Rapat
Buku yang mencatat semua yang
telah dibahas dalam rapat.
9. Buku
Catatan Prestasi
Buku
yang mencatat prestasi siswa dalam kelas dan dalam pembelajaran.
10. Buku Kegiatan Gugus
Buku
yang mencatat jenis-jenis kegiatan yang dilaksanakan di gugus.
11. Buku Supervisi
Buku
catatan kepala sekolah maupun pengawas dalam pelaksanaan supervisi kelas.
12. Agenda
Kelas
Buku yang mencatat materi pelajaran
yang akan atau dilaksanakan pada hari itu.
13. Buku Analisis
Buku catatan untuk mengetahui
prestasi yang dicapai siswa.
14. Buku Remidial
Daftar
anak yang mempunyai nilai kurang dari standar yang telah ditentukan.
15. Buku
Perbaikan dan Pengayaan
Catatan tentang siswa dalam
perbaikan pembelajaran.
16. Buku Ulangan
Keliling
Buku yang mencatat hasil
ulangan secara bergiliran atau berkeliling.
17. Daftar Nilai
Buku
yang mencatat hasil nilai sehari-hari, tugas dan ulangan umum akhirnya diproses
untuk mendapatkan nilai akhir yang dimasukan kedalam rapor.
18. Buku Kenaikan
Kelas
Catatan
data siswa yang naik maupun yang tidak, yang ditulis oleh guru setiap akhir
tahun.
ini hanya sebuah contoh, selebihnya anda kembangkan lagi biar lebih terperinci.. semoga manfaat.. wassslam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar